Poltekpar Makassar menggelar Kuliah Umum bertemakan "Transformasi Sumber Daya Manusia Bidang Pariwisata di Era Milenial"

Poltekpar Makassar menggelar Kuliah Umum bertemakan

2019-02-11 22:31:01, oleh: admin

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menggelar Kuliah Umum bertemakan "Transformasi Sumber Daya Manusia Bidang Pariwisata di Era Milenial", Senin (21/01/2019) di Balairung I Wayan Bendhi Kampus Poltekpar Makassar Jl. Gunung Rinjani, Tanjung Bunga Makassar.

Kuliah Umum ini dibuka oleh Plt. Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin, M.Pd. Dalam sambutannya Arifin mengatakan bahwa Kuliah Umum ini  merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap awal semester. Dia juga menyampaikan fokus manajemen Poltekpar Makassar pada tahun ini adalah melakukan reakreditasi pada beberapa program studi.

Dosen Tamu pada kuliah umum kali ini dibawakan oleh Dr. Anang Sutono, MM.Par., CHE. yakni Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kawasan Wisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang juga merupakan mantan Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Dalam Kuliah Umum yang diikuti kurang lebih 1.400 orang mahasiswa, Anang memaparkan bahwa sebagai SDM Bidang Pariwisata kita harus mampu memahami karakteristik dari Millenial Tourism itu sendiri.

"Kita harus memahami apa saja yang para Traveler Milineal lakukan, lima poin yang mereka suka lakukan yakni Connectivity mereka sangat tergantung terhadap internet, Looking For Interaction mereka sangat suka berinteraksi baik secara onlin maupun offline, Happy To Share mereka lebh memilih layanan akomodasi sharing, Authentic Experiences mereka sangat senang terhadap aktifitas-aktifitas yang memberikan mereka pengalaman baru, dan Selective Spending mereka sangat slektif dalam membelanjakan uang" Jelasnya. 

Anang juga menambahkan bahwa tantangan saat ini menurut data UNWTO dari 10 pekerjaan selalu ada 1 pekerjaan terkait dengan bidang pariwisata. Oleh karena itu tantangan ini harus bisa dijawab oleh mahasiswa pariwisata. Namun disisi lain Untuk menjawab tantangan mereka  harus memiliki 1 potensi yang sangan kuat terkait skill, knowledge dan attitude.