SOSIALISASI PERATURAN PENILAIAN ANGKA KREDIT DOSEN DAN APLIKASI SISTER RISTEK DIKTI

SOSIALISASI PERATURAN PENILAIAN ANGKA KREDIT DOSEN DAN APLIKASI SISTER RISTEK DIKTI

2019-05-17 05:34:15, oleh: Kusmawaty

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata berkerjasama dengan Politeknik Pariwisata Makassar menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Penilaian Jabatan Akademik/Pangkat Dosen dan Angka Kredit (PAK) serta Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER), Rabu-Kamis (15-16/5/2019) Lt. 3 Gedung Rektorat Poltekpar Makassar.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Dosen dan Calon Dosen di lingkungan Politeknik Pariwisata Makassar. Adapun narasumber pada kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Syaiful Anwar, M.Si (Kemenristek DIKTI) yang membawakan materi Peraturan Penilaian Jabatan Akademik/Pangkat Dosen dan Angka Kredit (PAK) dan I Nyoman Bagus Suweta Nugraha, S,Kom, MT (kemenristek DIKTI) untuk sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut Plt. Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin M.Pd. mengatakan tujuan dilaksankannya kegitan tersebut agar Dosen di lingkungan Poltekpar Makassar dapat mengetahui informasi dan peraturan terbaru terkait kepangkatan serta jenjang karir jabatan dosen itu sendiri.

"Terkait dengan aplikasi SISTER dari Kemenristek DIKTI tentu kita sangat menyambut baik, dengan adanya aplikasi tersebut Dosen dapat mengupdate informasi yang berkaitan dengan data diri dan aktivitas tridharma yang mereka lakukan secara mandiri, kapan saja dan dimana saja karena telah mereka memiliki akun atau akses langsung yang terhubung dengan Kemenristek DIKTI" jelasnya.

Sementara itu I Nyoman Bagus Suweta Nugraha saat melakukan pemaparan terkait SISTER mengatakan, SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi,  sebuah webiste yang menghimpun data dosen perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang dikembangkan oleh Kemenristekdikti RI. SISTER ini bertujuan untuk meningkatkan karier dosen, meningkatkan mutu dosen dan merekam setiap aktivitas dosen dalam menjalankan Tridharma.

"Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridharma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas  tersebut masih berhamburan, tidak terarsip dengan baik, sehingga apabila diperlukan kesulitan dalam menemukannya oleh karena itulah SISTER dibuat" jelasnya.