POLTEKPAR MAKASSAR JALIN KERJASAMA DENGAN PEMKAB PANGKEP

POLTEKPAR MAKASSAR JALIN KERJASAMA DENGAN PEMKAB PANGKEP

2019-07-03 23:35:35, oleh: Kusmawaty

Politeknik Pariwisata Makassar sepakati kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Rabu (3/7/2019). Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan naskah kerjasama yang dilakukan oleh Bupati Pangkep Syamsuddin A. Hamid bersama dengan tujuh belas Pimpinan perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

Penandatanganan tersebut berlangsung pada acara Launching Universitas Membangun Desa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pangkep bekerjasama dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) Sulawesi Selatan. Kegiatan tersebut dipusatkan di Kawasan Wisata Mangrove Bulu Cindea Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya Bupati Pangkep Syamsuddin A. Hamid mengatakan kerjasama ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kabupaten Pangkep, sebagai upaya membantu membangun desa yang innovative dan berkelanjutan. Dirinya bersyukur dengan banyaknya perguruan tinggi yang mau berkolaborasi untuk membangun Pangkep dengan menyelesaikan persoalan-persoalan daerah yang dipimpinnya.

"Kami menginginkan mahasiswa yang datang untuk melaksanakan KKN di Kabupaten Pangkep datang dengan kegiatan dan program yang jelas. Mereka datang ke desa-desa membangun desa dengan program yang spesifik dengan memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang desa miliki. Seperti saat ini kita berada di desa yang memiliki kawasan wisata mangrove, kami menginginkan mahasiswa yang datang memberikan program yang dapat mengembangkan kawasan wisata ini" jelasnya.

Drs. Darmayasa, M.Pd, selaku Pembantu Direktur II Bidang Umum yang hadir mewakili Direktur Poltekpar Makassar pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa Poltekpar Makassar sebagai perguruan tinggi pariwisata menyambut baik kerjasama tersebut.  

"Kami tentunya ingin berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Pangkep, seperti yang bapak Bupati tadi bilang bahwa Pangkep memiliki banyak sekali potensi pariwisata yang dapat dikembangkan. Beberapa program studi di Poltekpar Makassar memliki kegiatan studi lapang yang sesuai dengan visi dan tujuan dari kegiatan KKN Tematik yang dicanangkan Pemda Pangkep, ke depannya kami berharap studi lapang tersebut dapat kami laksanakan di Pangkep sebagai bentuk implementasi dari kerjasama yang kami tanda tangani hari ini" tambahnya.

Selain Poltekpar Makassar beberapa perguruan tinggi yang turut melakukan penendatangan kerjasama dengan Kabupaten Pangkep adalah Universitas Gajahmada, Universitas Jember, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Fajar, Univerisitas Bosowa, Univerisitas Islam Makassar, Akademi Kebidanan Aisyah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep dan Sekolah Tinggi Agama Islam Pangkep.