PENANDATANGANAN MOU POLTEKPAR MAKASSAR DENGAN BREDA UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCE

PENANDATANGANAN MOU POLTEKPAR MAKASSAR DENGAN BREDA UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCE

2019-07-09 03:10:54, oleh: Humas

Politeknik Pariwisata Makassar resmi jalin kerjasama dengan Breda University of Applied Science Belanda, Kamis (4/7/2019) di Kota Breda, Belanda. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan naskah kerjasama yang dilakukan oleh Drs. Muh. Arifin, M.Pd selaku Plt. Direktur Poltekpar Makassar dengan Dr. Elisabeth Minnemann selaku President of the Executive Board Breda University  of Applied Science.

Kedua lembaga tersebut sepakat untuk melaksanakan beberapa poin kerjasama diantaranya Pengembangan kualifikasi dosen dan mahasiswa pada jenjang magister of tourism destination, Pelaksanaan pelatihan customized dalam memperkuat peran poltekpar pada bidang center for marine tourism studies, rural tourim dan tourism village, dan Penelitian serta Publikasi jurnal internasional.

Dr. Elisabeth Minnemann seusai melakukan penandatangan naskah kerjasama mengatakan bahwa pihak Breda University of Applied Science menyambut baik kerjasama ini, terutama terkait dengan kesepakatan joint research dibidang marine tourism.

Sementara itu Plt. Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin mengatakan pendatanganan naskah kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut atas kunjungan yang dirinya lakukan bersama Kepala Unit Kerjasama Poltekpar Negeri Makassar Dr. H. Syamsu Rijal, M. Pd. ke Breda University of Applied Science pada bulan november tahun 2018 lalu. Arifin juga merasa senang dapat melakukan kerja sama dengan Breda University
 of Applied Science, menurutnya ini merupakan salah satu startegi untuk mewujudkan Poltekpar Makassar sebagai Worldclass Polytechnic.

"Breda University of Applied Science memiliki sejumlah program studi yang terkait dengan pariwisata seperti Tourism Management, Leisure & Event Management dan Hotel Management, Tourism Destination Management sehingga saya rasa sangat tepat melakukan kerjasama dengan Breda University of Applied Science. Kerjasama ini akan kami manfaatkan semaksimal mungkin, kami berharap dengan adanya kerjasama ini mampu meningkatkan kualitas tenaga pengajar dan lulusan kami" tambahnya.

Kepala Unit Kerjasama Poltekpar Negeri Makassar Dr. H. Syamsu Rijal, M. Pd. Yang turut mendampingi Plt. Direktur Poltekpar Makassar mengatakan bahwa hubungan dengan Breda University of Applied Science sudah terjalin sudah sejak 2017 lalu, saat itu sebelas orang mahasiswa dan tiga orang dosen Breda University of Applied Science melakukan kunjungan ke kampus Poltekpar Makassar.

“Pada 2017 lalu kami melakukan kegiatan Joint Lecture dengan Breda University of Applied Science yang difasilitasi oleh Swisscontact sebuah lembaga non profit (NGO) yang selama ini telah bekerjasama dengan Poltekpar Makassar, dari situlah kami tertarik untuk melanjutkan kerjasama secara resmi” jelas Rijal.

Guna meningkatkan mutu lulusan Poltekpar Makassar yang merupakan Kampus Negeri di bawah naungan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia giat menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga atau instusi baik dari dalam maupun luar negeri. Kegiatan kerjasama luar negeri adalah implementasi dari strategi Menpar tentang Curriculum, International Certification dan Center of Excellence (CCC). Salah satu implemetasi dari kerjasama tersebut dalam waktu dekat Poltekpar Makassar akan mengirimkan para dosen dan tenaga pengajarnya mengikuti pelatihan di beberapa kampus yang telah dilakukan kerjasama seperti di Inggris, Singapura, Australia dan Selandia Baru.